PENTINGNYA MENGENALI TUMBUH KEMBANG BAYI TIAP BULANNYA

Tahap Perkembangan Bayi Tiap Bulan - Setiap anak pasti mengalami masa tumbuh kembang, tanpa terkecuali bayi. Menurut Supartini, 2000, pertumbuhan adalah suatu proses secara alamiah yang terjadi pada individu. Pertumbuhan pada bayi akan berlangsung secara bertahap, baik itu dari berat maupun tinggi badan. Anak semakin bertambah dan secara simultan mengalami peningkatan untuk berfungsi baik secara kognitif, psikososial maupun spiritual. Sedangkan perkembangan adalah perubahan yang terjadi secara berangsur-angsur seiring bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh, meningkatkan dan meluasnya kapasitas seseorang melalui pertumbuhan, kematangan atau kedewasaan atau maturation serta pembelajarannya.


Setiap orangtua tentunya tidak akan melewati tahap perkembangan bayi tiap bulannya, terutama bagi orangtua yang baru pertama memiliki anak. Mengikuti serta memperhatikan perkembangan si buah hati memang merupakan kewajiban dari orangtua, dan hal tersebut sebenarnya sangat menyenangkan. Apalagi ketika proses perkembangan buah hati diikuti mulai dari bayi berusia 0-12 bulan.


Sesuatu yang sangat berharga sekali bagi orangtua ketika tumbuh kembang bayi dalam tiap bulannya mendapat perhatian serta ayah bunda dapat mengikutinya, karena dengan begitu orangtua akan mengenali tumbuh kembang bayinya, baik itu pertumbuhan serta fisik dan berat badan maupun perkembangan motoriknya.


TAHAP PERKEMBANGAN BAYI USIA 0-12 BULAN

Tahap Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Bayi yang berada pada usia 1 bulan, pada umumnya sudah mulai mampu mengangkat kepalanya, merespon suara, melihat pola hitan dan putih serta memandang wajah. Bayi usia 1 bulan biasanya sudah mulai mengeksplorasi tangan dan kakinya, bahkan si kecil juga akan mulai dapat "menjawab"  kata-kata bunda dengan ocehan dengan kata "ooh" maupun "aah" dan mengikuti objek dengan matanya.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Bayi pada usia 1 bulan mampu tersenyum dan bergerak, merupakan bagian dari refleks alami yang dilakukan si kecil, karena secara alami bayi akan belajar mencari puting susu dan ketika mendapat sentuhan di area sekitar pipinya, umumnya bayi akan menggerakan kepalanya ke arah sentuhan yang diterimanya.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Fase perkembangan pada bayi yang berada pada usia 2 bulan, akan menjadi pondasi bagi perkembangan si kecil. Karena pada tahap perkembangan bayi di usia 1 bulan, si kecil belum begitu dapat merespon sesuatu yang ditangkapnya. Hal ini akan berbeda ketika perkembangan bayi anda berada pada usia 2 bulan. Tahap perkembangan yang terjadi pada bayi berusia 2 bulan, umumnya bayi sudah dapat menegakkan kepalanya dengan waktu yang relatif singkat serta penglihatannya sudah mulai berkembang dengan mampu melihat objek yang bergerak.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan
Pada perkembangan bayi yang berusia 2 bulan, akan mampu memberikan respon berupa senyuman maupun tawaan terhadap sesuatu yang diterimanya. Bayi berusia 2 bulan juga sudah dapat menegakan kepalannya secara stabil. Pada usia 2 bulan bayi juga sudah dapat membedakan wajah dan suara orang terdekatnya terutama bunda nya, karena dalam keseharian bayi mulai berusia 0-2 bulan selalu menghabiskan waktu bersama bunda dalam catatan bayi sepenuhnya pada parenting dan bayi menerima ASI eksklusif.


Tahap Perkembangan Bayi Berusia 3 Bulan

Perkembangan bayi yang berumur 3 bulan akan memiliki peningkatan dalam perkembangan yang terjadi pada bayi berusia 0-2 bulan. Perkembangan bayi berusia 3 bulan dapat dilihat dengan kemampuannya dalam senyum serta tertawa, menahan kepalanya dengan stabil serta mengenali aroma tubuh orang terdekatnya seperti bunda.
Tahap Perkembangan Bayi Berusia 3 Bulan
Bayi berusia 3 bulan, juga sudah dapat melakukan aktivitas setengah 'push-up', serta dapat melakukan gerakan berguling-guling. Pada tahapan perkembangan bayi berumur 3 bulan ini, si buah hati sudah dapat memegang serta mengayunkan benda yang dipegangnya.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Setelah melewati tahap perkembangan bayi usia 1-3 bulan, maka perkembangan bayi akan terus berkembang pesat seiring usianya yang telah mamasuki 4 bulan. Pada umumnya perkembangan bayi berusia 4 bulan, sudah bisa tengkurap dan melakukan 'push up' kecil, bayi sudah mulai dapat mengoceh ketika diajak berkomunikasi.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan
Pada bayi yang berumur 4 bulan, umumnya juga sudah mulai dapt bermain dengan jari-jarinya bahkan memasukan jari kedalam mulutnya. Pada tahap perkembangan bayi berusia 4 bulan yang merupakan lanjutan dari perkembangan bayi berumur 0-3 bulan, tentunya bayi pada usia 4 bulan akan mengalami kemajuan dalam perkembangannya. Bahkan pada fase perkembangan yang berumur 4 bulan, sudah mulai memiliki kemampuan untuk meraih object yang berada didepannya. Pada perkembangan bayi usia 4 bulan ini, besar kemungkinan bayi akan mengalami pertumbuhan gigi pertamanya.

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Setelah melewati tahapan perkembangan bayi berusia 0-4 bulan, maka bayi akan berkembang seiring usianya. Pada tahapan bayi yang berumur 5 bulan, bayi sudah mulai belajar untuk menghibur dirinya dengan memainkan anggota tubuhnya seperti tangan dan kaki.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Pada perkembangan bayi yang berumur 5 bulan juga dapat dilihat dari bayi sudah dapat mengenali namanya dan menoleh ketika namanya di sebut. Perkembangan bayi di usia 5 bulan harus angat diperhatikan sekali karena pada usia ini bayi sudah mulai memasukan benda-benda kedalam mulutnya, dan jika bayi berusia 5 bulan memiliki kemampuan lebih dari bayi lainnya, biasanya pada pada usia 5 bulan ini sudah memiliki perkembangan dengan mampu duduk tanpa bantuan orang lain.

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Fase perkembangan bayi yang telah memasuki usia setengah tahun, dan melewati perkembangan bayi usia 0-5 bulan, biasanya bayi pada usia ini sudah mampu berguling ke dua arah serta suka memainkan ludahnya.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan
Perkembangan bayi yang berumur 6 bulan akan meningkatkan kemampuannya dalam duduk tanpa bantuan orang lain, setelah mulai melakukannya pada saat perkembangan bayi berusia 5 bulan. Bayi pada usia 6 bulan juga sudah menunjukan kemampuannya dengan mengoceh menirukan kata-kata, serta mulai belajar merangkak.

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Sebagai lanjutan dari perkembangan bayi usia 0-6 bulan terutama pada perkembangan bayi di usia 6 bulan, kemampuan bayi akan terus terasah dan meningkat terutama dalam hal meniru suara yang di dengarnya. Perkembangan bayi berumur 7 bulan ini, akan mulai belajar untuk meniru suara orang berbicara hingga meraih benda dan mulai memindahkan banda tersebut ke tangan lainnya.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan
Pada tahapan perkembangan bayi yang berumur 7 bulan, umumnya juga dapat dilihat dari kemampuan serta perkembangannya dalam belajar berdiri dengan berpangkuan kepada benda-benda sekitarnya. Jadi pada perkembangan bayi yang telah memasuki usia 7 bulan ini akan sangat rentan untuk jatuh, sebaiknya orangtua lebih memperhatikan serta mengontol pada masa perkembangan di usia ini.

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Pada fase perkembangan bayi yang berumur 8 bulan, akan mulai mampu mengucapkan kata mama atau papa dan memiliki kemampuan merangkak dengan sempurna. Melewati tahapan perkembangan bayi berusi 0-7 bulan dan berada pada usia 8 bulan, umumnya bayi sudah mulai menggunakan bahasa tubuhnya ketika bayi menginginkan sesuatu.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan
Perkembangan bayi yang berumur 8 bulan juga dapat dilihat dari bagaimana bayi sudah memiliki kesempurnaan dalam kemampuan merangkak, menunjuk objek, serta meningkatkan kemampuannya dalam berdiri dengan bantuan benda-benda sekitarnya.

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan

Setelah melewati masa perkembangan bayi 0-8 bulan dan buah hati telah beranjak usia 9 bulan, tentunya perkembangan bayi akan semakin meningkat terutama dalam kemampuan berdiri dengan bantuan benda sekitarnya.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan
Tahapan perkembangan bayi yang berusia 9 bulan, dapat dilihat dan dicermati melalui kemampuannya dalam memadukan ocehan serta meniru kata-kata. Bayi pada usia 9 juga sudah mulai mengenal permainan ciluk ba yang dilakukan orang lain kepadanya. Pada perkembangan bayi yang berumur 9 bulan, biasanya sudah mulai belajar membedakan kata mama dan papa.

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan

Fase perkembangan bayi yang berada pada usia 10 bulan dapat dilihat dari kemampuannya dalam melambaikan tangan, meraih, menjatuhkan serta melempar benda-benda yang berada di sekelilingnya. Pada perkembangan bayi yang berumur 10 bulan, orangtua harus benar-benar ekstra perhatian dengan mengontrol sebaik-baiknya, karena pada bayi pada usia 10 bulan sudah mulai melakukan penjelajahan sekeliling rumah.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan
Bayi yang berusia 10 bulan, pada masa perkembangannya biasanya sudah mulai belajar merespon ketika namanya dipanggil dan mampu mengungkapkan penolakan. Biasanya bayi pada usia 10 bulan sudah mulai belajar menggunakan gerakan menjepit saat dirinya akan mengambil sesuatu.

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Pada bayi yang berusia 11 bulan, karena bayi telah melewati tahapan perkembangannya yaitu perkembangan bayi usia 0-10 bulan, maka pada usia ini kemampuan bayi akan semakin meningkat terutama terkait dengan kemampuan yang dilakukan pada tahapan perkembangan bayi di usia 0-10 bulan tersebut.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan
Pada fase perkembangan bayi yang berumur 11 bulan, biasanya bayi telah bisa bermain berupa permainan ciluk ba. Di usia bayi 11 bulan kemampuan bayi dalam berdiripun sediki mulai terasah, bayi pada usia ini akan dapat berdiri persekian detik tanpa harus menerima bantuan dari benda sekitarnya.


Tahapan perkembangan bayi 11 bulan juga sudah mulai memiliki kemampuan untuk mengerti perintah sederhana, serta menirukan aktivitas orang lain. Pada perkembangan bayi di usia 11 bulan ini, biasanya bayi sudah mulai belajar minum dengan menggunakan gelas.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 12 bulan

Setelah melewati tahapan perkembangan bayi usia 0-11 bulan, dan bayi memasuki usia 1 tahun, maka perkebangan bayi akan semakin terus meningkat, terutama dalam hal menirukan aktivitas orang lain. Perkembangan bayi di usia 12 bulan, kemampuan bayi dalam berdiri sudah mulai diiring dengan melangkah 'tertitah-titah'.
Tahap Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan
Biasanya bayi pada usia 12 bulan ini, sudah mulai suka dengan aktivitas coret mencoret terhadap benda. Dan pada perkembangan bayi di usia 1 tahun ini, adalah saat bayi mulai memahami serta mengerti suatu perintah sederhana yang diberikan kepadanya.


Kesimpulan: Sangat penting bagi orangtua utnuk mengenali serta mengerti perkembangan bayi tiap bulannya, karena hal ini hanya terjadi sekali dalam umur buah hati anda. Akan sangat disayangkan jika kesempatan berharga ini terlewatkan begitu saja, sehingga ayah bunda tidak tidak dapat melihat betapa lucu serta menariknya buah hati terutama saat bayi melewati fase perkembangannya.


Demikian tulisan tentang Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan, semoga dengan tulisan ini dapat membantu orang tua dalam menikmati serta membantu tumbuh kembang bayi terutama bagi orangtua yang baru memiliki anak.


Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang terdapat pada blogduniaanakindonesia.blogspot.com.  Jika ada pembahasan yang terlewat dari topik ini silahkan tambahkan pada kotak komentar, dan jika anda suka dengan tulisan ini silahkan bagikan melalui tombol media sosial yang terdapat pada blog ini.

Post a Comment for "PENTINGNYA MENGENALI TUMBUH KEMBANG BAYI TIAP BULANNYA"