DUNIA ANAK: PENGERTIAN TUMBUH KEMBANG DALAM DUNIA ANAK

Dunia Anak: Pengertian Tumbuh Kembang dalam Dunia Anak –  Dunia anak merupakan fase dimana anak sangat pesat dalam pertumbuhan mereka dibandingkan dengan dunia dewasa, karena perkembangan anak juga bisa dikatakan sebagai bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh anak yang dapat dicapai melalui tumbuh kembang serta kematangan dalam dunia belajar anak. Tumbuh kembang anak bisa diartikan bertambahnya jumlah dan besarnya sel di seluruh tubuh anak secara kuantitatif serta dapat diukur, dari pengertian tersebut bisa digaris bawahi bahwa pertumbuhan serta perkembangan anak akan berjalan seiring dengan norma-norma tertentu, walaupun demikian anak pada masa tumbuh kembang mereka banyak bergantung kepada dunia orang dewasa. Kita bisa ambil contoh seperti pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak sangat butuh bimbingan, perawatan, perasaan aman dan sebagainya. Oleh karena itu sangat penting dalam menghadapi dunia anak pada masa tumbuh kembang mereka dibutuhkan pengawasan terhadap anak dan hal itu hanya bisa dilakukan oleh orang tua, dan sebagai orang tua yang bijak ada baiknya kita juga harus mengerti persoalan dari dunia anak yang sedang mamasuki fase pertumbuhan dan perkembangan.


Seperti kita ketahui bahwa faktor utama dalam menghadapi dunia tumbuh kembang anak adalah faktor lingkungan, terutama lingkungan keluarga, karena jika lingkungan tersebut tidak

Pengertian Tumbuh Kembang  Anak
Tumbuh kembang anak
baik maka akan berdampak pula dengan tumbuh kembang anak. Oleh karena itu dibutuhkan dasar-dasar dari pengertian tumbuh kembang pada dunia anak bagi orang tua agar kelak kita bisa memfasilitasi perkembangan mereka dengan baik.


Pertumbuhan dan perkembangan pada dunia anak harus dipelajari agar kita bisa membimbing mereka serta menjadikan pengertian dan pengetahuan tentang tumbuh kembang anak sebagai alat ukur saat kita melakukan asuhan keperawatan terhadap anak, dan bisa dijadikan sebagai guide line untuk menilai rata-rata perubahan fisik, intelektual, sosial serta emosional anak-anak.



Ciri-ciri tumbuh kembang dalam dunia anak


Tumbuh kembang anak dimulai dari mereka berumur 0 bulan hingga mereka memasuki dunia dewasa, dan umumnya pertumbuhan dan perkembangan tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Tumbuh kembang merupakan proses yang berkelanjutan sejak dari konsepsi sampai maturitas atau dewasa yang dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan.
  2. Terdapat masa percepatan dan masa perlambatan, serta laju tumbuh kembang yang berlainan organ-organ.
  3. Pola perkembangan anak adalah sama pada semua anak, tetapi kecepatannya berbeda antara anak satu dengan lainnya.
  4. Perkembangan erat hubungannya dengan maturasi sistem susunan saraf.
  5. Aktifitas seluruh tubuh diganti respon individu yang khas.
  6. Arah perkembangan anak adalah sefalokaudal.
  7. Refleks primitif seperti refleks memegang dan berjalan akan menghilang sebelum gerakan volunter tercapai.



Tumbuh kembang pada anak bisa dilihat secara fisik, baik itu secara langsung yang berupa keterampilan dalam bergerak maupun secara tidak langsung, bisa berupa cara pandang anak terhadap keadaan diri mereka sendiri dan orang lain dan hal tersebut yang akan mempengaruhi kepribadian anak. Secara umum setiap anak adalah individu yang unik, maka pertumbuhan dan pencapaian kemampuan perkembangannya juga berbeda-beda antara ank satu dengan yang lainnya, hal ini bisa dipengaruhi dari faktor bawaan maupun faktor lingkungan yang berbeda.


Periode tumbuh kembang dalam dunia anak menurut ahli


Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita. Karena dalam perkembangan anak terdapat masa kritis, dimana diperlukan rangsangan atau stimulasi yang berguna agar potensi berkembang, sehingga perlu mendapat perhatian.


Menurut Frankenburg dkk. (1981) melalui Denver Development Stress Test (DDST) mengemukakan 4 parameter perkembangan yang dipakai dalam menilai perkembangan anak balita yaitu:
  • Personal Social atau bisa di sebut dengan kepribadian atau tingkah laku sosial.
  • Fine Motor Adaptive atau gerakan motorik halus.
  • Langauge atau bahasa.
  • Gross Motor atau perkembangan motorik kasar


Sedangkan menurut Milestone perkembangan adalah tingkat perkembangan yang harus dicapai anak pada umur tertentu, misalnya :
  • Anak usia 4 hingga 6 minggu, anak akan tersenyum spontan, dapat mengeluarkan suara 1 hingga 2 minggu kemudian.
  • Anak usia 12 hingga 16 minggu, pada fase ini anak akan menegakkan kepala, tengkurap sendiri, menoleh kearah suara serta memegang benda yang ditaruh ditangannya.
  • Anak usia 20 minggu, pada periode ini anak akan bisa meraih benda yang didekatkan padanya.
  • Anak usia  26 minggu, pada periode ini anak akan dapat memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya, duduk dengan bantuan kedua tangan ke depan serta makan biskuit sendiri.
  • Anak usia 9 hingga 10 bulan, pada periode ini anak umumnya bisa menunjuk dengan jari telunjuk, memegang benda dengan ibu jari dan telunjuk, merangkak,  serta bersuara da.. da..
  • Anak usia  13 bulan, pada periode ini anak umumnya mampu berjalan tanpa bantuan serta mampu mengucapkan kata-kata tunggal.



Melalui guide line ini kita bisa mengetahui apakah anak mengalami perkembangan anak dalam batas normal atau mengalami keterlambatan. Hal ini penting agar kita bisa melakukan deteksi dini agar tumbuh kembang anak dapat lebih optimal.

Tahap-tahap tumbuh kembang dalam dunia anak


Tumbuh kembang anak berlangsung secara teratur, saling berkaitan dan berkesinambungan dimulai sejak konsepsi sampai dewasa, walaupun terdapat variasi akan tetapi setiap anak akan melewati suatu pola tertentu yang merupakan tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan sebagai berikut:
  • Masa prenatal atau masa intrauterin yang terdapat pada masa janin dalam kandungan, terdiri dari masa mudigah atau embrio, yaitu sejak konsepsi sampai umur kehamilan 8 minggu. Ovum yang telah dibuahi dengan cepat menjadi suatu organisme, terjadi diferensiasi yang berlangsung cepat, terbentuk suatu sistem oragan dalam tubuh dan masa janin atau fetus, masa ini terjadi sejak janin berumur 9 minggu sampai kelahiran.  Sebagai catatan saja bahwa pertumbuhan pada masa janin merupakan pertumbuhan yang paling pesat yang dialami seseorang dalam hidupnya. Dinamika pertumbuhan  antenatal  ini sangat menakjubkan yaitu sejak konsepsi sampai lahir. Pada masa embrio yaitu 8 minggu pertama kehamilan, sel telur yang telah dibuahi berdiferensiasi secara tepat menjadi organisme yang mempunyai bentuk anatomis seperti manusia. Pada sistem-sistem tertentu organogenesis diteruskan sampai lebih dari 8 minggu.
  • Masa bayi, yaitu saat anak berusia 0 hingga 1 tahun. Masa bayi ini terbagi menjadi  masa neonatal, yaitu saat anak berusia 0 hingga 28 hari, pada masa neonatal akan terjadi adaptasi lingkungan dan terjadi perubahan sirkulasi darah, serta mulainya berfungsi orgaan-oragan tubuh lainnya dan masa pasca neonatal , yaitu proses yang pesat dan proses pematangan berlangsung secara berkelanjutan terutama meningkatnya fungsi sistem saraf anak saat berusia 29 hari hingga 1 tahun.
  • Masa prasekolah, pada masa ini pertumbuhan anak berlangsung dengan stabil dan terjadi perkembangaan dengan aktifitas jasmani yang bertambah dan meningkatnya keterampilan anak dan proses berpikir mereka.
  • Masa sekolah, pada masa ini pertumbuhan anak akan lebih cepat dibandingkan dengan masa prasekolah dan keterampilan serta intelektual anak akan makin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan anak senang bermain berkelompok dengan jenis kelamin yang sama. Masa sekolah ini umumnya berlangsung saat anak berusia 6 hingga 18 tahun.



Dari pengertian-pengertian tentang tumbuh kembang yang terjadi pada dunia anak, ada baiknya kita sebagai orang tua untuk setidaknya memahami masa-masa tersebut, sehingga anak akan mendapatkan pertumbuhan serta perkembangan yang baik. Adalah harapan setiap orang tua untuk mendapatkan anak-anak mereka memiliki pertumbuhan serta perkembangan sesuai dengan tahapan yang seharusnya mereka janani dan dapati, hal ini tidak akan terjadi dengan mulus jika kita sendiri sebagai orang tua kurang mengerti tentang tumbuh kembang pada dunia anak. Pemahaman serta pengertian terhadap tumbuh kembang pada dunia anak kita merupakan kewajiban kita yang tidak semestinya kita berikan tanggung jawab tersebut kepada pihak ketiga seperti pengasuh.


Memang perlu kesabaran serta ketelitian dalam menghadapai serta memonitoring dan memfasilitasi anak dalam masa tumbuh kembang mereka. Yang perlu kita camkan dalam dunia tumbuh kembang anak ini adalah bahwa fase tumbuh kembang pada anak tidak akan terjadi untuk kedua kali, jadi sangat penting sekali pemahaman serta pengetahuan tentang perkembangan serta pertumbuhan dalam dunia anak. Pemahaman serta pengertian tersebut bukan hanya sebatas teori yang harus kita hafal, akan tetapi implementasi dalam membimbing serta memonitoring anak dalam mejalani periode tumbuh kembang mereka.


Demikian tulisan tentang ‘Dunia Anak: Pengertian Tumbuh Kembang dalam Dunia Anak’, semoga dapat memberikan tambahan referensi tentang pengertian serta pemahaman yang berkaitan dengan tumbuh kembang pada dunia anak. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang terdapat pada blogduniaanakindonesia.blogspot.com.

Post a Comment for "DUNIA ANAK: PENGERTIAN TUMBUH KEMBANG DALAM DUNIA ANAK"