BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK TK

Tips Mengembangkan Kreativitas Anak Usia TK - Kreativitas yang dimiliki oleh anak usia dini merupakan kreativitas yang tumbuh secara alami dan merupakan sesuatu yang dibawa sejak lahir.
Kreativitas ini umumnya sangat flexible dalam daya respon melalui rasa keingintahuan yang sangat besar.

Kemampuan respon dan keingintahuan yang kemudian menghasilkan kreativitas anak usia dini, tidak akan berkembang serta meningkat jika tidak difasilitasi dan didukung dengan parenting yang tepat. Untuk meningkatkan kreativitas anak usia taman kanak-kanak, anda dapat lakukan dengan beragam cara, diantaranya.



1. AJAK ANAK BERMAIN BERSAMA

Dunia anak usia dini merupakan dunia bermain sambil belajar, melalui bermain anda dapat membantu anak dalam mengembangkan rasa penasaran serta keingintahuannya. Selain dari terciptanya keakraban dan kedekatan antara anak dengan orang tua, dengan bermain bersama juga mampu membuat anak mengeluarkan gagasan-gagasan kecil yang dilakukan secara bebas olehnya.

Hal ini kadang terabaikan oleh orang tua dalam melakukan parenting terutama terikat dengan mengasah kemampuan anak usia dini. Kenalkan permainan yang dapat membuat anak senang dan mampu menumbuhkan rasa keingintahuan yang kuat, daya imaginasi anak tentang permainan tersebut akan membuatnya semakin kreatif.


2. BERIKAN PENGALAMAN BARU KEPADA ANAK

Dunia anak usia dini memiliki segudang rasa keingintahuan, oleh karena itu pengalaman baru akan membuat anak memiliki rasa penasaran. Melalui rasa keingintahuan tersebutlah kemampuan anak akan bertambah dan lumbung pengetahuannya semakin meningkat.



Pengalaman baru bisa anda lakukan dengan cara mengajak anak ke suatu tempat yang belum pernah di kunjungi nya, seperti mengajak anak ke musem atau tempat bersejarah, taman rekreasi hingga ke kebun binatang atau anda bisa juga mengajak anak melakukan aktivitas keseharian yang belum pernah anak lakukan, seperti merapikan tempat tidurnya, merapikan permainannya dan sebaginya.

Baca : Cara Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain


3. TINGKATKAN PEMBENDAHARAAN KOSA KATA ANAK

Peningkatan kosa kata merupakan salah satu cara bagi anak usia dini dalam memahami segala hal, terutama sesuatu yang belum pernah diketahuinya. Anda dapat meningkatkan pembendaraahan kosa kata anak melalui cerita, dongeng dan sebagainya.

Pentingnya sebuah kosa kata bagi anak adalah cara bagaimana anak akan lebih mudah memahami dan mengerti akan segala sesuatu.


4. FASILITASI ANAK DENGAN ALAT PENDUKUNG

Alat maupun permainan pendukung merupakan salah satu yang harus anda miliki dan berikan kepadanya. Dengan alat ini anak akan lebih memiliki ketertarikan akan mempelajari hal-hal baru dengan menyenangkan.

Alat pendukung dapat anda berikan kepada anak separti puzzle, mobil-mobilan jika anak anda laki, boneka jika anak anak perempuan dan masih banyak lagi alat pendukung yang dapat meningkatkan kreativitas anak TK.


5. TINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK KANAN ANAK

Peningkatan otak kanan berfungsi merangsang kemampuan anak dalam memiliki kreatifitas, perkembangan Emotional Quotient (EQ). Melalui peningkatan otak kanan, kemampuan anak TK akan terasah baik itu secara kemampuan sosialisasi, komunikasi, interaksi dan pengendalian emosi.


Anda dapat meningkatkan serta merangsang otak kanan anak usia dini melalui pengenalan lagu dan mengajanya bernyanyi, menari, melukis serta kegiatan lainnya.
Pada otak kanan anak memiliki kemampuan intuitif, dimana kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh tercipta.


Kesimpulan: Dalam melakukan pembimbingan serta pendidikan untuk meningkatkan kreativitas anak usia TK, harus dilakukan dengan cara FUN LEARNING, sehingga tidak ada tekanan yang mengakibatkan anak usia dini menjadi tertekan maupun trauma akan satu hal. Karena akan berdampak tidak baik terhadap tumbuh kembang anak, terutama saat anak menjadi dewasa nanti.


Demikian tulisan tentang Bagaimana Cara Meningkatkan Kreativitas Anak Usia TK, semoga dengan tulisan ini dapat membantu orang tua dalam mengingat kembali bagaimana orang tua memiliki tanggung jawab besar yang diberikan Tuhan dalam membimbing serta mengarahkan anak untuk memiliki prilaku yang sesuai dengan harapan setiap orang tua.

Post a Comment for "BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK TK"