CARA MENDIDIK ANAK-ANAK YANG AGRESIF

Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun - Si kecil dengan usia setahun merupakan masa anak yang sedang lucu-lucunya serta menggemaskan akan tetapi juga sangat melelahkan karena keaktifannya. Tingkah laku anak usia 1 tahun sudah tentu sangat beragam, ada yang agresif seperti suka memukul, menggigit, berteriak serta prilaku agresif lainnya.

Agresif adalah prilaku yang memiliki kecenderungan (ingin) menyerang terhadap sesuatu yang dianggap mengecewakan, menghalangi maupun menghambat dirinya. Tidak sedikit dari anak usia 1 tahun memiliki kecenderungan prilaku yang sangat agresif dan sebenarnya hal ini sangatlah normal, karena kemampuan berbahasanya yang terbatsa, akan tetapi didorong dengan keinginan untuk melakukan sesuatu hal dengan sendiri serta belum terbentuknya fungsi otak dalam mengontrol keinginannya.

Bagi orangtua yang sedang menjalankan parenting terhadap anak usia 1 tahun harus mengetahui fase tumbuh kembangnya serta cara menyikapi prilaku agresif pada anak. Pada ulasan kali ini kami mencoba memberikan beberapa informasi tentang bagaiana cara mengatasi anak yang agresif, ketika anak usia 1 tahun memiliki prilaku yang agresif, sebaiknya orangtua menanganinya dengan cara berikut.

Lakukan Pendekatan Yang Komunikatif

Memberikan serta megajarkan alternatif kepada anak yang agresif bisa dilakukan dengan berbicara dari hati ke hati kepada anak. Beri penjelasan sederhana dan gunakan bahasa ringan serta lakukan dengan penuh kasih sayang, katakan padanya bahwa marah itu boleh dan wajar akan tetapi sebaiknya tidak dibarengi dengan memukul, melempar, menggigit dan sebagainya.

Ajarkan cara alternatif yang efektif jika anak sedang marah, atau kenalkan dia dengan pemahaman meminta bantuan jika dia membutuhkannya. Jika hal tersebut telah dilakukannya sebaiknya minta anak untuk meminta maaf, memang terkadang untuk pertama, kedua bahkan ketiga kali anda meminta anak untuk meminta maaf karena prilaku agresifnya tersebut, anak tidak tulus akan tetapi jika perilaku meminta maaf atas kesalahan dilakukan secara terus ketika anak melakukan tindakan agresif sehingga menyakiti orang lain maka anak akan terbiasa dan akan menjadi prilaku positif.

Tetap Tenang

Memarahi, membentak, mencubit, memukul, ataupun mengatakan kalimat yang tidak baik, bukan solisi maupun tindakan pencegahan terhadap prilaku agresifnya. Justru dengan perlawanan maupun hukuman yang anda berikan kepadanya akan membuat dirinya semakin agresif dan marah.

Pananganan dengan tetap tenang adalah langkah terbaik mengatasi prilaku agresif anak, dan contoh ini dapat juga membantu anak untuk belajar secara tidak langsung terkait dengan pengembangan secara psikologis berkaitan dengan pembelajaran mengontrol diri si kecil.

Beri Penghargaan

Memberikan penghargaan berupa pujian kepada anak ketika dirinya melakukan tindakan maupun berperilaku baik akan meningkatkan moralitas anak untuk tetap bertingkah dan bertindak baik. Kekuatan pujian berupa kata-kata merupakan motivasi terbaik yang dapat diterima anak usia 1 tahun, sehingga anak akan berusaha mempertahankan prilakuk tersebut.

Kontrol Tontonan Anak

Acara televisi jaman sekarang sangatlah memprihatikan, banyak acara yang seharusnya memiliki pertimbangan terkait dengan jam tayang akan tetapi hal tersebut sangat minim pelaksanaannya. Anda akan banyak menemukan acara-acara remaja maupun hal-hal yang seharusnya tidak ditayangkan pada jam anak masih menonton televisi seperti sore maupun pagi hari.

Tidak perlu mengharapkan pihak ekternal untuk membantu menyaring acara yang layak untuk di tonton oleh anak, karena orientasinya akan sangat berbeda jauh. Orangtua memiliki tujuan menjaga anak agar terlindung dari acara yang tidak layak di tonton buah hati, sedangkan pihak eksternal melihat dari sudat pandang berbeda dan sudah pasti tidak akan menemui titik temu.

Jadi peran penting orangtualah yang diharapkan memperketat dan mengontrol tontonan anak, anda dapat bayangkan jika setiap orangtua mengontrol tontonan anak, maka acara tidak layak ditontonpun akan turun ratenya serta si kecil dapat terselamatkan dengan dampak negatif dari tayangan tersebut.

Bicaralah Dengan Dokter maupun Psikolog Anak

Jangan ragu untuk meminta bantuan baik itu kepada dokter anak maupun psikolog anak, karena jika prilaku agresif anak yang berlebihan akan membuat takut teman sebayanya maupun orang lain dan akan berdampak kepada pergaulan sosialnya.

Tetap konsisten dalam memberikan parenting yang tepat walaupun memang dibutuhkan dampingan seorang psikolog anak jika diperlukan. Si kecil masih memiliki jalan panjang untuk melewati fase tumbuh kembangnya, jadi berfikir positif bahwa setiap usaha yang anda lakukan adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik.


Kesimpulan: Prilaku agresif pada anak usia 1 tahun, umumnya terjadi karena pekembangan otak anak belum sempurna dalam mengontrol emosi, jadi hal yang normal ketika anda menemukan buah hati berprilaku agresif. Akan tetapi tingkah laku tersebut tidak harus dibiarkan seterusnya karena anak masih memiliki fase tumbuh kembang serta pembelajaran. Banyak cara yang bisa dilakukan orangtua dalam menemukan cara terbaik dalam mendidik serta mengatasi anak yang berperilaku agresif, seperti contoh serta cara mengatasinya pada tulisan di atas.


Demikian tulisan tentang bagaimana Cara Menangani Anak Usia 1 Tahun Yang Agresif, semoga dengan tulisan ini dapat membantu orang tua dalam menciptakan parenting tepat terhadap anak serta menjadi refleksi bagi orang tua dalam membimbing serta mengarahkan serta membangun prilaku positif pada anak.
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang terdapat pada blogduniaanakindonesia.blogspot.com. Jika ada pembahasan yang terlewat dari topik ini silahkan tambahkan pada kotak komentar, dan jika anda suka dengan tulisan ini silahkan bagikan melalui tombol media sosial yang terdapat pada blog ini.

Post a Comment for "CARA MENDIDIK ANAK-ANAK YANG AGRESIF"