APA ITU ANAK INDIGO

Anak Indigo adalah salah satu yang menjadi populer di akhir 1970-an dan awal 1980-an di komunitas metafisik, dan merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan anak-anak yang diyakini memiliki sifat khusus yang membuat mereka "ajaib." Seringkali ciri-ciri ini bersamaan sebuah vena supernatural, seperti kemampuan psikis dan paranormal - telepati, proyeksi astral, dan sebagainya.


Teorinya adalah bahwa anak-anak ini secara ajaib berbakat dengan cara yang membuat mereka jauh lebih kreatif dan empati daripada anak-anak "biasa" lainnya. Bahkan, ada beberapa kalangan, aliran pemikiran yang mengatakan bahwa anak-anak ini bukan berasal dari bumi ini, dan membawa untaian DNA yang berbeda dari kita semua.

Gambar Anak Indigo


Tidak ada dasar ilmiah untuk konsep anak Indigo, dan kemudian, konsep tersebut terbentang sedikit, sehingga beberapa orang tua yang memiliki anak dengan ciri perilaku yang tidak biasa mendefinisikan anak-anak mereka sebagai anak-anak Indigo. Ini menjadi tren yang populer, terutama di komunitas New Age, dan ada beberapa kasus anak-anak dengan ketidakmampuan belajar yang orang tuanya menolak intervensi karena anak mereka adalah anak Indigo, dan untuk mencoba mengubahnya akan melumpuhkan kreativitas mereka.


Spesialis perilaku anak-anak telah berteori bahwa keseluruhan konstruksi sosial anak Indigo berasal dari orang tua yang menolak untuk mengakui bahwa anak mereka memiliki masalah perilaku - sering ADD atau ADHD, atau kelainan spektrum autistik - dan bahwa memberi label pada anak sebagai tidak hanya istimewa, Tapi lebih unggul dari anak-anak lain, adalah mekanisme penanganan orang tua. Ada banyak informasi di luar sana tentang masalah ini, jadi saya tidak akan membahasnya dengan detail apa pun.


EVALUASI PERILAKU

Ada sejumlah perilaku yang bisa menimbulkan kekhawatiran atau kekhawatiran, dan kemudian, ada banyak alasan mengapa perilaku anak mungkin tidak biasa. Anak Indigo mungkin memiliki ADD atau ADHD, tentu saja, dia mungkin tidak cukup tidur di malam hari. Dia mungkin cemas akan sesuatu yang tidak Anda sadari. Kemungkinannya hampir tak ada habisnya dengan anak kecil.


BAGAIMANA CARA MENGOBATI

Jadi ke pertanyaan selanjutnya. Di obati atau tidak?

Itu akan bergantung pada apakah atau tidak evaluasi perilaku mengungkapkan sesuatu yang dapat atau harus diobati. Banyak anak dengan ADD dan ADHD diberi obat. Banyak yang tidak. Ada yang fungsional tanpa obat, ada juga yang tidak. Ada beberapa hal yang tidak bisa diobati, tapi bisa di cek dengan mempelajari mekanisme coping baru.


Apakah Anda harus mengobati anak Anda, untuk alasan apapun, bukan pertanyaan siapa pun bisa menjawab tapi Anda, karena pilihan pengasuhan adalah keputusan yang sangat pribadi. Yang mengatakan, tidak ada salahnya untuk mengingat beberapa hal.


Pertama, jika masalah perilaku anak Anda sedemikian rupa sehingga membuatnya malas belajar atau jika mereka sangat mengganggu kelas sehingga dia mencegah anak-anak lain belajar, maka pasti ada topik yang harus ditangani.


Kedua, Anda perlu fokus pada apa yang terbaik untuk keluarga. Jangan khawatir tentang pendapat orang lain yang percaya semangat dan kreativitas magis anak Anda lebih penting daripada kesejahteraan mentalnya. Ini bukan tentang menjadi orang tua "layak" vs. menjadi "tidak setia," tapi hanya tentang menjadi orang tua, dan tentang membesarkan anak Anda untuk suatu hari nanti menjadi orang dewasa fungsional dan mandiri.


Tidak peduli apa diagnosis anak Anda, jangan terpaku pada label. Jika Anda ingin memanggilnya anak Indigo, tentu saja tidak masalah. Jika Anda pikir itu istilah konyol untuk digunakan, lupakan saja. Semuanya terserah Anda. Intinya adalah terserah Anda untuk menjadi penentu untuk anak Anda, dan lakukan yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangannya, tanpa khawatir dengan pendapat orang lain.

Post a Comment for "APA ITU ANAK INDIGO"