IDE SEDERHANA UNTUK MERAYAKAN HARI IBU LEBIH INKLUSIF DI SEKOLAH ANAK

blogduniaanakindonesia.blogspot.com - Besok adalah Hari Ibu, perayaan tahunan ibu, ibu mertua, dan keluarga kita. Sekarang ini adalah liburan pemberian hadiah terbesar kedua di belakang Natal, sebuah pertanda bahwa kita tidak hanya mencintai dan menghargai ibu kita, tetapi mereka juga melakukan pekerjaan luar biasa yang layak dikenali. Merayakan wanita yang memberi Anda kehidupan sepertinya konsep yang cukup mendasar, tetapi dari mana datangnya Hari Ibu?


Di Indonesia Hari Ibu dirayakan pada 22 Desember serta ditetapkan sebagai perayaan Nasional. Tanggal tersebut digunakan berdasarkan Kongres Perempuan Indonesia 1928 pada ulang tahunnya yang ke 25. Karena setiap wanita tentunya kelak akan menjadi seorang Ibu.


Setiap negara merayakan hari ibu dengan tanggal yang berbeda, Hari Ibu Nasional jatuh pada tanggal 22 Desember sedangkan untuk Hari Ibu Internasional atau sedunia jatuh pada tanggal 12 Mei setiap tahun. Gunakan delapan ide kreatif ini untuk merayakan di kelas yang akan dihargai oleh para ibu dan siswa akan menyukainya.


Masing-masing kegiatan berikut adalah proses yang kami kerjakan sebelum hari acara. Kami memulai persiapan kami sekitar tiga minggu sebelum pesta Hari Ibu yang dijadwalkan.


Baca : HARI IBU 2020, CONTOH IDE UNTUK MERAYAKAN HARI IBU

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

1. MEMILIH TEMA

Meskipun Hari Ibu adalah acara tersebut, saya merasa lebih mudah untuk memilih semacam tema untuk pesta itu sendiri. Ini membantu saya untuk memutuskan apa yang akan dibuat anak-anak di sepanjang jalannya acara dan itu membantu saya untuk mengikat kegiatan sehari-hari kita ke dalam persiapan untuk acara tersebut. Tahun ini, tema kami didasarkan pada buku, “tentang kasih sayang seorang ibu".

Baca : Pengaruh Psikologi Anak tanpa Ibu

IDE SEDERHANA UNTUK MERAYAKAN HARI IBU LEBIH INKLUSIF DI SEKOLAH ANAK

2. MEMILIH HADIAH

Memilih hadiah selalu merupakan keputusan sulit untuk dibuat. Saya ingin hadiah itu menjadi sesuatu yang dapat dimiliki para ibu sebagai kenang-kenangan tetapi masih dibuat oleh anak-anak. Sering kali, apa yang menurut saya sangat imut akan mengharuskan saya melakukan sebagian besar dari pembuatannya sehingga saya cenderung memikirkan kembali keputusan saya beberapa kali jauh sebelum Hari Ibu tiba. Tahun ini, anak-anak akhirnya melukis kupu-kupu sidik jari di kanvas.


3. MEMBUAT HADIAH

Sering kali, membuat hadiah membutuhkan waktu beberapa hari sehingga kita harus memulainya lebih awal sehingga kita tahu setiap anak akan memiliki banyak waktu untuk membuat hadiah mereka. (Dalam foto di bawah ini, kami masih perlu menelusuri kembali sidik jari dengan spidol permanen jadi ini sebabnya kami mulai lebih awal sehingga kami bisa menambahkan sentuhan akhir nanti) Setelah hadiah selesai, kami menyimpannya di tempat yang aman sampai hari besar tiba.


4. MEMBUAT BINGKUS KADO

Kami selalu membuat kertas bungkus kado sendiri. Di kelas kami, kami melukis secara berkelompok di atas kertas jagal besar kemudian, saya memotong kertas itu menjadi bujur sangkar agar sesuai dengan hadiah. Sekali lagi, ini adalah langkah yang perlu dimulai lebih awal juga sehingga Anda akan memiliki semuanya siap untuk maju terlebih dahulu. Tahun ini, anak-anak melukis dengan bunga-bunga berbentuk spons di atas kertas daging untuk bungkus kado kami.


5. MEMBUAT DEKORASI DINDING

Beberapa minggu sebelum acara Hari Ibu kami, anak-anak membuat beberapa karya seni yang kami simpan untuk dipajang di dinding dan papan buletin kami pada hari acara Hari Ibu termasuk karya seni tentang puisi juga cerita tentang ibu dari sudut pandang siswa dilampiri gambar ibu kami.


6. MEMPERSIAPKAN DEKORASI MEJA

Semakin awal Anda memulai, semakin banyak Anda dapat membuat anak-anak berpartisipasi dalam membuat dekorasi meja. Saya ingin setidaknya satu hal di atas meja yang dibuat oleh anak-anak. Tahun ini kami membuat kartu nama ibu dengan tema kami dan memberi masing-masing anak dan ibu tempat duduk bersama selama acara berlangsung.


7. BERLATIH PRESENTASI SEDERHANA

Kami memilih empat lagu sederhana untuk disajikan di acara Hari Ibu kami dan kami juga memilih untuk membaca puisi "Perjuangan Seorang Ibu" untuk ibu kami. Anak-anak berpartisipasi dalam membaca buku melalui gerakan tangan yang sederhana dan dengan mengatakan dengan suara keras, "Terima kasih Ibu" ketika kami sampai pada bagian ini di setiap halaman buku.


8. MENGATUR RUANG KELAS

Karena kami memiliki ruang kelas yang cukup kecil, saya harus mengatur ulang malam sebelum acara khusus kami. Saya memindahkan rak-rak ke dinding dan membawa beberapa meja dan kursi tambahan. Saya juga memastikan gambar cerata tentang ibu kami dan gambar ibu tergantung di dinding yang membuat kamar kami terlihat sangat kenyal dan penuh warna.


Jadi itulah beberapa Ide sederhana untuk merayakan hari Ibu supaya lebih inklusif di seolah anak-anak apabila Anda adalag seorang guru atau pengajar mereka, semoga bermanfaat!!!!


Baca : Kumpulan Quotes Ucapan Hari Ibu untuk Kata Selamat Memperingati


Tips: Penting bagi orangtua juga memberikan pendidikan dalam memaknai peringatan Hari Ibu dalam pendidikan anak-anak. Dengan harapan kelak anak mampu menghargai sesamanya terutama terhadap orang yang lebih tua darinya.


Kami ucapkan Selamat hari Ibu (Mothers day celebration), untuk anda para wanita yang kelak atau telah menjadi seorang Ibu. Tanpa kasih sayang yang Ibu berikan, kami bukanlah apa-apa dan tidak mungkin mampu menghadapi kerasnya kehidupan. Hanya dengan kelembutan serta kasih sayang dan doa Ibu lah, akhirnya mimpi-mimpi bangsa ini dapat terwujud.


Sekali lagi blogduniaanakindonesia.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari Ibu/ Mother's day.

Post a Comment for "IDE SEDERHANA UNTUK MERAYAKAN HARI IBU LEBIH INKLUSIF DI SEKOLAH ANAK"