HUT KEMERDEKAAN, SAAT TEPAT MENANAMKAN NASIONALISME PADA ANAK

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus tentu akan membuat anak-anak antusias menunggu perayaan ulang tahun kemerdekaan itu sebab ada banyak perlombaan, acara hiburan, kegembiraan, pengibaran bendera dan permainan selain juga ucapan Dirgahayu RI.


Hari Ulang Tahun (disingkat: HUT) untuk Kemerdekaan Indonesia menandai peringatan Hari pembacaan teks Proklamasi oleh Soekarno pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 sebagai Deklarasi Kemerdekaan bangsa ini. Itulah mengapa Proklamasi adalah mempunyai makna yang sangat penting bagi NKRI bahkan perjuangan buat memproklamasikan tidak mudah. Maka sudah sepatutnya generasi penerus seperti kita, harus mampu memaknai Hari Kemerdekaan sebagai salah satu contoh sikap mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa bukan berarti sekedar merayakannya saja tanpa makna sebenarnya. Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa sikap cinta tanah air perlu ditanamkan sejak anak usia dini.


Anak merupakan generasi muda pasti nantinya tentu akan meneruskan cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi lebih baik tanpa jiwa nasionalisme yang ditanamkan kepada anak-anak bukan mustahil "penjajahan" terjadi kembali. Dalam pengertian bahwa nasionalisme adalah modal awal mempertahankan kedaulatan negara RI, namun jiwa nasionalme tidak datang dengan sendirinya tetapi harus di didik sedini mungkin.

Jadi HUT Kemerdekaan Indonesia adalah cara tepat untuk menanamkan rasa nasionalisme anak kita, pelajar, mahasiswa selain mengandalkan pelajaran anak-anak di sekolah. Ini bukan bermaksud bahwa pendidikan tidak menanamkan kepribadian nasional kepada anak-anak didik tetapi sudah kewajiban orangtua mendidik serta mengajarkan cinta tanah air buat si kecil.

Mungkin Anda Menyukai:


Lalu bagaimana cara menanamkan nasionalisme kepada anak di usia dini lewat merayakan HUT RI?. namun sebelum memulainya izinkan saya memberi sepatah kata untuk mengucapkan "DIRGAHAYU KEMERDEKAAN INDONESIA" terukir indah dalam kata-kata juga do'a semoga diumur ke-73 tahun 2018 persatuan bangsa tetap terjaga berhias cahaya mutiara NKRI tercinta.
Gambar: DP Kartu Kata Ucapan Hari Kemerdekaan RI



Cara Menanamkan Nasionalisme Anak Pada Usia Dini Melalui Perayaan HUT Kemerdekaan RI dengan Tepat


1. Tanyakan kepada anak-anak Anda apa yang mereka ketahui tentang Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia

Bisa jadi anak-anak Anda tahu lebih banyak tentang Hari Kemerdekaan daripada yang bunda pikirkan. Mereka mungkin sudah belajar di sekolah tentang mengapa kita merayakannya pada 17 Agustus. Tanyakan kepada anak di rumah tentang arti Hari Kemerdekaan dan bantu dia mengisi ketidaktahuannya. Sebagai contoh; Bicarakan tentang naskah proklamasi disusun oleh?, pembacaan teks proklamasi Indonesia hingga berapa umur Indonesia di 2018.

Bahkan bisa bunda diskusi ke anak-anak tentang tokoh-tokoh penting Kemerdekaan dan perannya saat itu termasuk Soekarno, Mohammad Hatta, Fatmawati, Sukarni, Ahmad Soebarjo, dll. Banyak sekali daftar orang-orang penting dari Proklamsi Kemerdekaan Indonesia serta kumpulan informasi lain tentang peristiwa tersebut yang dapat dijadikan bahan pembicaraan. Pada Hari Kemerdekaan, bacakan juga anak-anak buku-buku tentang Kemerdekaan Indonesia. Atau membaca kumpulan kata-kata kutipan maupun puisi Hari Kemerdekaan bersama mereka.


2. Ajari mereka tentang bendera Indonesia

Anak-anak kecil dapat belajar tentang Hari Kemerdekaan dengan mewarnai simbol-simbol patriotik yang berbeda seperti bendera merah putih, Monumen Nasional (Monas), dan banyak lagi. Cetak dikertas supaya bisa diwarnai dan cetak lainnya untuk Hari Kemerdekaan.


3. Baca Deklarasi Kemerdekaan

Khusus anak-anak berusia 7 tahun keatas (Usia SD) atau pelajar yang lebih dewasa bahkan mahasiswa, bacalah Deklarasi Kemerdekaan bersama-sama dan bicaralah tentang apa artinya. Buat deklarasi khusus untuk keluarga Anda sendiri, misalnya sebuah aturan, standar, dan cita-cita untuk dijalani. Cetak dan mintalah semua orang di keluarga menandatanganinya.


4. Belajar dan nyanyikan lagu-lagu patriotik

Ajarkan anak-anak bunda kata-kata dari lagu kebangsaan "Indonesia Raya" kemudian nyanyikan bersama-sama. Lagu-lagu patriotik lain yang cocok untuk Hari Kemerdekaan termasuk "Halo-halo Bandung," "Indonesia Pusaka," "Indonesia Tanah Air Beta," dan masih banyak lagi lagu-lagu tentang perjuangan.


5. Tonton film tentang Hari Kemerdekaan

Pada tanggal 17 Agustus, duduk bersama anak-anak Anda dan tonton film tentang Hari Kemerdekaan, film ini banyak disediakan ditoko atau bunda bisa mengajaknya ke bioskop dimana tempat film yang bertema kemerdekaan ditayangkan.


6. Lakukan perjalanan ke museum bersejarah

Jika Anda cukup beruntung tinggal di dekat salah satu tempat bersejarah Indonesia, rencanakan kunjungan! meskipun tidak pada Hari Kemerdekaan. Namun apabila rumah jauh dari sana, jangan khawatir, Anda dapat melakukan perjalanan online virtual. Internet menawarkan gambar, video, photo dan informasi tentang berbagai bangunan bersejarah dan tempat-tempat dari Perang perjuangan Kemerdekaan RI. Ini akan menjadi kesempatan luar biasa untuk mengajari anak-anak juga generasi muda tentang cara melakukan riset di internet dengan tepat. Pelajari tentang kebebasan yang para pahlawan perjuangkan dan seperti apa kehidupan sebelum Kemerdekaan Indonesia.

Pastikan ketika mengajar anak-anak tentang aspek historis Hari Kemerdekaan, berikan hal-hal ringan dan menyenangkan. Selain semua kegiatan belajar, buat kerajinan 17 Agustusan, contohnya makanan berwarna merah dan putih.


Dengan merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Tahun 2018 ini, Semoga menjadikan momen yang tepat bagi bunda dalam mendidik, menanamkan, mengenalkan tentang nasionalisme kepada anak kita untuk RI lebih baik.

Post a Comment for "HUT KEMERDEKAAN, SAAT TEPAT MENANAMKAN NASIONALISME PADA ANAK"