AJARKAN ANAK MAKNA BULAN MUHARRAM PADA USIA DINI

BLOGDUNIAANAKINDONESIA: Selain ucapan selamat, kegiatan acara maupun kata motivasi bertema Muharram sebagai peringatan / perayaan terhadap awal tahun baru Islam sangat penting mengenalkan makna bulan Muharram ke anak usia dini. Pada umumnya banyak tradisi dalam menyambut bulan Muharram, Anak-anak pada bulan tersebut akan mengadakan acara keagamaan disekolah dengan mengangkat keistimewaan bulan pertama kalender hijriah: keutamaan, ceramah, Musabaqah Tilawatil Quran (disingkat: MTQ), berpuasa, sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah, hingga pengenalan amalan lainnya. Namun, sebagai orangtua, berusaha untuk menjunjung tradisi perayaan tersebut, dan menjadikan Muharram salah satunya, penting bagi Anda untuk mendidik serta mengomunikasikan maknanya kepada anak-anak dengan cara yang dapat mereka hargai. Apabila Bunda sedang mencari cara untuk memperkenalkan anak pada makna Muharram sesungguhnya, kita dapat melakukannya dengan beberapa cara kreatif menyesuaikan usia.





1.  CERITAKAN APA ITU 1 MUHARRAM

Ini adalah cara mendidik paling sederhana dan paling mudah untuk menanamkan arti Muharram yang sesungguhnya pada anak usia 1-6 tahun. Dalam pengertian, telah menjadi budaya global bahwa dalam kehidupan kita menggunakan kalender tahun Masehi sebagai acuan aktivitas sehari-hari, tentu mereka akan lebih memahami Januari sebagai awal tahun dibandingkan apa yang dianjurkan maka perlu sekali menceritakan sebagai umat Islam yaitu 1 Muharram sebagai tahun baru Hijriah.


2. JELASKAN ARTI KEUTAMAANNYA

Muharram memiliki keistimewaan serta keutamaan, anak-anak mesti tau mengapa ajaran juga tradisi itu demikian. Ajari anak Anda tujuan, alasan dan amalan-amalan mengapa terdapat keutamaan didalamnya termasuk puasa hari asyura dibulan ini. Maksud dan dan tujuan utama berpuasa sunnah Muharram adalah langkah awal seorang muslim berhijrah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sama seperti Allah dekatkan orang bertaqwa dan Istiqomah sebelum kita, kita berpuasa sebagai langkah awal mengingatkan kita akan sejarah juga mengangkat derajat kita bukan hanya untuk bulan pertama Muharram namun pembelajaran keimanan di hari selanjutnya.


3. AJARKAN HIJRAH DAN ISTIQOMAH SEBAGAI TAQWA UTAMA

Mengajarkan anak-anak untuk berpuasa akan menanamkan didalamnya nilai sosial, belas kasih, tawakal untuk moral sebagai insan ciptaan Allah yang mampu berhijrah dan Istiqomah dengan mulai diajarkan amalan dan keistimewaan bulan pertama kalender hijriyah Muharram tentu selain ucapan doa selamat serta niat. Ajak mereka ketempat ibadah, mendengarkan ceramah tentang tahun baru Islam, menjalankan ibadah Puasa Sunnah Hari Asyura Dan Tasu'a dengan membaca niat bersama anak-anak, tentu anak-anak akan termotivasi melaksanakannya. Dengan mengajarkan mereka untuk menjalankan ibadah ini, doa harapan hijrah dan istiqomah setidaknya mulai tumbuh dalam diri mereka, semoga dengan ini Anda memperkuat pesan bahwa Muharram juga tentang berpuasa tanpa harus menunggu puasa wajib Ramadhan.

AJARKAN ANAK MAKNA BULAN MUHARRAM PADA USIA DINI

Baca:


4. MILIKI SUASANA MUHARRAM SEBAGAI BAGIAN DALAM PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM DI RUMAH

Buatlah gambar bulan-bulan hijriyah atau sejarah Muharram yang sebenarnya sebagai dekorasi di rumah-rumah. Gambar-gambar tersebut bertujuan penting sebagai alat bantu visual untuk memperkuat sejarah Muharram menurut perjalanan sejarah Islam. Biarkan anak Anda mewarnai bagian-bagiannya, dan jelaskan setiap bagian dari tulisan atau kata-kata kepadanya yang sejalan dengan apa itu Muharram yang baru saja diceritakan.


5. BICARAKAN TENTANG KEMULIAAN DAN KEISTIMEWAAN PUASA MUHARRAM


Lakukan riset dengan anak-anak Anda tentang bacaan doa niat, tata cara, kemuliaan dan keistimewaan puasa-puasa pada Muharram seperti puasa sunnah Asyura dan Tasu'adan apabila diperlukan kunjungi para ahli dibidang ini untuk mendalami ibadah yang benar bukan hanya mengikuti tradisi Muharram maupun peringatan atau perayaan tahun baru. Melakukan penelitian atau riset dapat membantu Anda menjalin ikatan dengan anak-anak dan belajar bersama mereka pada saat yang bersamaan. Ini juga mengkomunikasikan kepadanya bahwa Anda sebagai orangtua menghargai hak mereka atas pengetahuan dan rasa ingin tahu. Bersikaplah suportif dalam mendidik dan tawarkan pandangan kita sendiri, namun berikan anak-anak kesempatan untuk menemukan sendiri makna dalam berpuasa di bulan tersebut.


Dalam memperkenalkan anak-anak makna Muharram yang sesungguhnya maka hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa peringatan ini benar-benar untuk anak-anak. Rasa kagum dan penasaran terhadap puasa Muharram, keutamaan, kegembiraan menjalankan amalan-amalan puasa di bulan pertama tahun Hijriah ini akan membuat saat Muharram tak terlupakan bagi banyak anak generasi muda yang berhijrah menjadi lebih baik dalam Istiqomah dan tawakal. Sebagai orang tua, mari lakukan bagian kita untuk membuat setiap Muharram mudah diingat bagi Anak-anak.


Sebagai penutup blogduniaanakindonesia.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati 1 Muharram dan Selamat tahun Baru Hijriyah bagi Anda sahabat khususnya umat Islam yang merayakannya.

1 comment for "AJARKAN ANAK MAKNA BULAN MUHARRAM PADA USIA DINI"

  1. Tulisan ini sangat membantu orang tua dan guru paud untuk menyamapaikan pengenalan muharram kepada anak dengan benar

    ReplyDelete