KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATAN: DEFINSI PERAN DAN PERBEDAAN

blogduniaanakindonesia: Kepemimpinan dan manajemen keperawatan adalah bidang kesehatan yang membutuhkan tingkat pengetahuan dan keahlian yang tinggi. Meskipun kualitas ini dan lain-lain terdapat persamaan antara kepemimpinan keperawatan dan manajemen keperawatan, kedua peran ini berbeda dalam beberapa aspek. Variasi antara pemimpin keperawatan dan manajer perawat termasuk perbedaan dalam tanggung jawab yang mereka ambil, kredensial yang mereka miliki dan tugas yang mereka lakukan. Dalam artikel ini, kami mendefinisikan peran kepemimpinan dan manajemen keperawatan, menjelaskan perbedaan utama antara keduanya dan mendiskusikan kualitas para pemimpin dan manajer keperawatan yang sukses, secara singkat dirangkum blogduniaanakindonesia.blogspot.com-

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/


Apa yang dimaksud dengan Kepemimpinan dan Manajemen keperawatan

Kepemimpinan dan manajemen keperawatan mengacu pada peran profesional keperawatan yang mengarahkan staf keperawatan, mengawasi struktur organisasi proses medis dan memimpin tim keperawatan dalam memberikan perawatan pasien. Sementara banyak perawat mengambil peran kepemimpinan informal sepanjang karir mereka, ada beberapa perbedaan antara pemimpin perawat dan manajer perawat.


Kepemimpinan Keperawatan

leadership atau Kepemimpinan perawat adalah praktik inisiatif terkemuka yang meningkatkan praktek dan hasil keperawatan. Pemimpin keperawatan bergantung pada kemampuan mereka untuk memotivasi dan menginspirasi tim perawat dan staf dalam pengembangan praktik berkualitas tinggi dan metodologi perawatan pasien. Para profesional ini biasanya bekerja dalam peran keperawatan dan kepemimpinan tingkat tinggi dan mengambil pendekatan yang kurang langsung untuk keperawatan daripada manajer keperawatan.


Contohnya, seorang pemimpin perawat yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan melaksanakan kebijakan perawatan baru akan fokus pada perencanaan strategis dan berkolaborasi dengan staf perawat, sementara manajer perawat akan fokus pada melaksanakan inisiatif dan mengelola tim keperawatan dan departemen dalam menerapkan strategi perawatan dengan pasien.


Manajemen keperawatan

Manajemen perawat adalah proses mengarahkan tim dan departemen keperawatan untuk mempertahankan praktek dan organisasi terbaik saat memberikan perawatan kepada pasien. Manajer perawat mengarahkan proses sehari-hari dan rutinitas fasilitas medis tempat mereka bekerja, dan mereka menginstruksikan staf perawat melalui pendekatan langsung untuk memastikan kemanjuran perawatan pasien dan rencana perawatan. (Baca: Manajemen Kebidanan)


Manajer perawat bertanggung jawab untuk mengawasi perekrutan, kepegawaian dan tinjauan kinerja untuk tim mereka. Peran manajemen keperawatan bergantung pada keterampilan kepemimpinan, tetapi manajer perawat terus bekerja secara langsung dengan pasien dan tim perawat untuk melakukan insentif yang diperkenalkan oleh para pemimpin keperawatan.


Pemimpin perawat Beda. manajer perawat

Pemimpin perawat dan manajer perawat berbeda dalam tugas yang mereka lakukan di tempat kerja, peran yang mereka ambil dalam organisasi mereka, kredensial yang mereka miliki dan latar belakang pendidikan yang mereka selesaikan. Elemen karir berikut paling menggambarkan perbedaan antara pemimpin perawat dan manajer perawat:
  • Tugas
  • Peran
  • Pendidikan
  • Kredensial



Tugas

Tugas dan tanggung jawab umumnya berbeda untuk pemimpin perawat dan manajer perawat. Contohnya, para pemimpin perawat menetapkan standar dan kebijakan praktek, memulai transformasi dan perubahan dalam lingkungan medis dan mempengaruhi tim dan staf perawat. Para pemimpin perawat akhirnya bekerja untuk memenuhi visi, misi, dan tujuan jangka panjang organisasi.


Manajer perawat biasanya berhubungan langsung dengan pasien, dan mereka bekerja untuk mengarahkan dan menginstruksikan tim dan departemen mereka. Banyak manajer perawat bertanggung jawab untuk melakukan dan mengarahkan perawat lain selama prosedur pasien, perawatan dan pemeliharaan catatan.


Peran

Pemimpin perawat dan manajer mengambil peran yang berbeda sepanjang karir mereka, tergantung pada spesialisasi dan kualifikasi mereka. Pemimpin perawat melakukan fungsi kepemimpinan di seluruh organisasi medis seperti memimpin departemen dan perubahan fasilitas, mengembangkan metode inovatif untuk memberikan perawatan pasien yang lebih baik dan merintis cara organisasi mereka mencapai tujuan dan menyelaraskan dengan nilai-nilai inti.


Seorang manajer perawat dapat mengambil peran kepemimpinan atau leadership sepanjang karir mereka, tetapi peran utama mereka dalam organisasi medis adalah untuk mengarahkan proses perawatan pasien, rencana perawatan, prosedur dan praktik keperawatan. Peran manajer perawat pada dasarnya mengawasi tim perawat dan mengawasi proses keperawatan kritis seperti pelaporan dan dokumentasi.


Pendidikan

Latar belakang pendidikan kadang-kadang dapat berbeda antara kepemimpinan keperawatan dan peran manajemen. Misalnya, peran kepemimpinan keperawatan seperti pemimpin perawat klinis dapat memerlukan pelatihan pendidikan yang berbeda dari peran manajemen perawat seperti direktur perawatan pasien. Seringkali, mereka akan mempelajari berbagai mata pelajaran, disiplin ilmu dan jurusan selama kuliah.


Kredensial

Sementara kepemimpinan keperawatan dan peran manajemen keperawatan memerlukan sertifikasi keperawatan dan kredensial, peran kepemimpinan sering didefinisikan melalui sertifikasi dalam kredensial Praktik Keperawatan Eksekutif, sementara manajer perawat sering diharuskan memiliki kredensial Manajer dan Pemimpin Perawat Bersertifikat.


Contohnya, Sertifikasi dalam kredensial Praktik Keperawatan Eksekutif memungkinkan para pemimpin keperawatan untuk bekerja di peran tingkat eksekutif dan administratif dalam organisasi perawatan kesehatan. Sebaliknya, seorang manajer perawat dengan sertifikasi Manajer dan Pemimpin Perawat Bersertifikat akan bekerja sama dengan staf perawat untuk mengatur dan mengawasi perawatan dan perawatan pasien, secara langsung mempengaruhi dan mengelola hasil.


Kualitas apa yang penting untuk menjadi seorang yang memiliki kepemimpinan dan manajemen keperawatan?

Meskipun kepemimpinan keperawatan dan manajemen berbeda dalam beberapa aspek, kedua peran berbagi beberapa kesamaan dalam keahlian, termasuk:
  • Keterampilan kepemimpinan
  • Keterampilan kerja tim
  • Keterampilan teknis
  • Keterampilan komunikasi
  • Kecerdasan emosional



Keterampilan kepemimpinan

Kepemimpinan keperawatan dan manajemen keduanya membutuhkan keterampilan kepemimpinan. Perawat yang mengambil peran pengawasan untuk mengarahkan tim mereka dan mempertahankan struktur organisasi dalam praktik mereka memiliki keterampilan kepemimpinan yang memiliki pengaruh pada kesuksesan karir mereka. Contohnya, kemampuan untuk memotivasi anggota tim, meningkatkan praktik keperawatan dan mengembangkan rencana perawatan yang efektif adalah contoh bagaimana para pemimpin keperawatan dan manajer menerapkan keterampilan kepemimpinan mereka.


Keterampilan kerja tim

Pemimpin perawat dan manajer perawat bekerja dengan beragam profesional kesehatan dalam karir mereka. Akibatnya, kedua posisi tergantung pada kemampuan untuk berkolaborasi dengan rekan tim, memberi dan menerima umpan balik dan berbagi ide dengan staf dan supervisor. Keterampilan kerja tim dalam profesi ini sangat penting untuk menavigasi budaya perusahaan dan membina hubungan yang sehat dengan rekan kerja.


Keterampilan teknis

Keterampilan teknis yang mencakup literasi komputer dan database sangat penting untuk bekerja dalam kepemimpinan keperawatan atau peran manajemen. Perawat dalam posisi kepemimpinan sering menggunakan database perusahaan dan melaporkan program perangkat lunak untuk mendokumentasikan, mengurutkan dan mengatur informasi medis penting. Sifat dari beberapa peran keperawatan administratif dan eksekutif (seperti manajemen informatika klinis) mengharuskan perawat untuk bekerja dengan jenis teknologi ini secara teratur, sehingga keterampilan teknis dalam kepemimpinan dan manajemen keperawatan dapat sangat bermanfaat untuk berhasil di bidang karir ini.


Keterampilan komunikasi

Perawat adalah komunikator. Mereka bekerja dengan pasien dan profesional kesehatan setiap hari, dan mereka menerapkan keterampilan komunikasi yang efektif untuk berhasil dalam pekerjaan mereka. Oleh karena itu, pemimpin keperawatan dan manajer harus terampil dalam komunikasi tertulis, komunikasi verbal dan nonverbal dan kemampuan untuk terhubung dengan orang-orang dan membangun hubungan.


Kecerdasan emosional

Perawat dalam peran kepemimpinan bergantung pada kecerdasan emosional mereka untuk berinteraksi dengan pasien dan rekan tim mereka. Kemampuan untuk merawat pasien, berempati dengan perasaan dan ide orang lain dan mencari pemahaman dalam interaksi mereka di tempat kerja adalah beberapa keterampilan penting yang harus dapat ditunjukkan oleh para pemimpin keperawatan dan manajer perawat dengan kecerdasan emosional mereka.

Post a Comment for "KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATAN: DEFINSI PERAN DAN PERBEDAAN"