Struktur Kurikulum K-13 dan Mata Pelajaran di SD/MI

BLOGDUNIAANAKINDONESIA: Struktur Kurikulum Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) merupakan pengorganisasian kompetensi inti, kompetensi dasar, mata pelajaran, beban belajar, dan muatan pembelajaran.


A. Kompetensi Inti

Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga.


Rumusan Kompetensi Inti (KI) menggunakan notasi sebagai berikut:
  • KI-1 untuk kompetensi inti sikap spiritual,
  • KI-2 untuk kompetensi inti sikap sosial,
  • KI-3 untuk kompetensi inti pengetahuan, dan
  • KI-4 untuk kompetensi inti keterampilan.



Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah adalah sebagai berikut:


KOMPETENSI INTI KELAS I DAN KELAS II
  • Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya;
  • Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru;
  • Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah;
  • Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


Baca: Struktur Kurikulum K-13 dan Mata Pelajaran di SMA/MA.

KOMPETENSI INTI KELAS III
  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
  • Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
  • Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  • Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



KOMPETENSI INTI KELAS IV
  • Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
  • Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  • Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



KOMPETENSI INTI KELAS V DAN VI
  • Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
  • Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  • Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B. MATA PELAJARAN

Berdasarkan kompetensi inti disusun mata pelajaran dan alokasi waktu yang sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. Susunan mata pelajaran dan alokasi waktu untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah adalah sebagai berikut:

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/


Keterangan blogduniaanakindonesia:
  • Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa Daerah.
  • Selain kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum diatas, terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler SD/MI antara lain Pramuka (Wajib), Usaha Kesehatan Sekolah, dan Palang Merah Remaja (PMR).
  • Mata pelajaran Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat.
  • Mata pelajaran Kelompok B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah. Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan kebutuhan peserta didik pada satuan pendidikan tersebut.



C. BEBAN BELAJAR

Beban belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.
  1. Beban belajar di SD/MI dinyatakan dalam jam pelajaran per minggu.
    • Beban belajar satu minggu Kelas I adalah 30 jam pelajaran.
    • Beban belajar satu minggu Kelas II adalah 32 jam pelajaran.
    • Beban belajar satu minggu Kelas III adalah 34 jam pelajaran.
    • Beban belajar satu minggu Kelas IV, V, dan VI adalah 36 jam pelajaran.
  2. Beban belajar di Kelas I, II, III, IV, dan V dalam satu semester paling sedikit 18 minggu minggu efektif.
  3. Beban belajar di kelas VI pada semester ganjil paling sedikit 18 minggu minggu efektif.
  4. Beban belajar di kelas VI pada semester genap paling sedikit 14 minggu minggu efektif.



D. Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.


Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
  1. kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
  2. kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
  3. kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
  4. kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.



E. Muatan Pembelajaran

Muatan pembelajaran di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari Kelas I sampai Kelas VI. Mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikecualikan untuk tidak menggunakan pembelajaran tematik-terpadu.


Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema seperti:


Struktur Muatan Kurikulum Kelas I, II, dan kelas III SD dapat disajikan dalam tabel blogduniaanakindonesia.blogspot.com:

KELAS I
KELAS II
KELAS III
  1. Diriku
  1. Hidup rukun
  1. Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
  1. Kegemaranku
  1. Bermain di lingkunganku
  1. Perkembangan teknologi
  1. Kegiatanku
  1. Tugasku sehari-hari
  1. Perubahan di alam
  1. Keluargaku
  1. Aku dan sekolahku
  1. Peduli lingkungan
  1. Pengalamanku
  1. Hidup bersih dan sehat
  1. Permainan tradisional
  1. Lingkungan bersih, sehat, dan asri
  1. Air, bumi, dan matahari
  1. Indahnya persahabatan
  1. Benda, hewan, dan tanaman di sekitarku
  1. Merawat hewan dan tumbuhan
  1. Energi dan perubahannya
  1. Peristiwa alam
  1. Keselamatan di rumah dan perjalanan
  1. Bumi dan alam semesta



Struktur Muatan Kurikulum Kelas IV, dan VI SD dapat disajikan dalam tabel blogduniaanakindonesia.blogspot.com:


KELAS IV
KELAS V
KELAS VI
  1. Indahnya kebersamaan
  1. Benda-benda di lingkungan  sekitar
  1. Selamatkan makhluk hidup
  1. Selalu berhemat energi
  1. Peristiwa dalam kehidupan
  1. Persatuan dalam perbedaan
  1. Peduli terhadap lingkungan hidup
  1. Kerukunan dalam bermasyarakat 
  1. Tokoh dan penemu
  1. Berbagai pekerjaan
  1. Sehat itu penting
  1. Globalisasi

  1. Pahlawanku
  1. Bangga sebagai bangsa indonesia
  1. Wirausaha
  1. Indahnya negeriku
  1. Organ tubuh manusia dan hewan
  1. Kesehatan masyarakat
  1. Cita-citaku
  1. Sejarah peradaban indonesia
  1. Organisasi di sekitarku
  1. Tempat tinggalku
  1. Ekosistem
  1. Bumiku
  1. Makananku sehat dan bergizi
  1. Lingkungan sahabat kita
  1. Menjelajah angkasa luar


Baca:


Demikian uraian lengkap terkait Struktur Kurikulum K-13 serta Mata Pelajaran di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang dapat dibagikan blogduniaanakindonesia.blogspot.com, semoga bermanfaat bagi pengunjung BLOGDUNIAANAKINDONESIA:

Post a Comment for "Struktur Kurikulum K-13 dan Mata Pelajaran di SD/MI"