Hikmah Isra' Miraj'

Hikmah Isra' Miraj' (Colase canva/blogduniaanakindonesia)
Hikmah Isra' Miraj' (Colase canva/blogduniaanakindonesia)



Blog Dunia Anak Indonesia - Tanggal 27 Rajab 1444 H jatuh pada 18 Februari 2023, diperingati sebagai hari Isra' Miraj'. Taukah teman-teman apa itu Isra' Miraj' serta Apa tujuan dari diperingati Isra dan Mikraj' Nabi Muhammad SAW tersebut.


Peringatan Isra' Miraj' merupakan hari untuk memperingati perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ke surga yang hanya ditempuh dalam waktu semalam.


Adapun tujuan dari memperingati Isra' Miraj' adalah agar kita semakin mengingat, mencintai dan melaksanakan ajaran Rasulullah, sehingga nantinya kita akan dirindukan dan mendapatkan syafa'at dari Nabiuallah Muhammad SAW. Selain itu, Hari Isra dan Mikraj' Nabi Muhammad SAW bertujuan untuk mengenang perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dinaikkan Allah SWT ke langit tertinggi yaitu Sidratul Muntaha.


Nah salah satu memperingati atau merayakan Isra' Miraj' selain melaksanakan amalan sunnah maupun doa di malam harinya, kamu mesti tau hakekat yang terkandung dalam peristiwa bersejarah itu, yakni tau hikmah dari Isra' Miraj.'


Berikut beberapa contoh hikmah dari Isra' Miraj.


Dalam surah Al-Isra ayat 1 Allah SWT menyatakan Isra Miraj bertujuan untuk memperlihatkan sebagian ayat atau tanda (bukti) kekuasaan-Nya. Hal ini merupakan sinyal bahwa kita pun harus memperhatikan ayat-Nya, sehingga keimanan akan eksistensi dan kekuasaan Allah SWT tertanam kuat dalam diri.


Isra’ Mi’raj, bukan saja satu dari sejumlah peristiwa bersejarah dan dijadikan satu dan sekian sejumlah hari besar Islam. Hari besar dan dirayakan setiap tanggal 27 Rajab ini, peristiwa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, yaitu melakukan perjalanan pada malam hari dari Mekkah ke Baitul Maqdis di Palestina


Selain perjalanan Nabi Muhammad SAW, dilaksanakan pada malam hari, peristiwa penting dan harus diketahui setiap umat Muslim adalah peristiwa mi’raj-nya atau perjalanan dilakukan Nabi dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha, dengan adanya perintah sholat yang diwajibkan kepada setiap umat muslim.


Peristiwa Nabi Muhammad SAW menghadap kepada Allah SWT untuk menerima perintah sholat ini adalah suatu perjalanan luar biasa. Sebuah perjalanan dari Kota Mekkah menuju Masjidil Aqso kemudian melanjutkan ke sidrotu muntaha menaiki buroq.


Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW ditampakkan dengan jelas keadaan surga dan neraka. Dan Nabi Muhammad SAW adalah satu-satunya manusia yang diizini melihat keadaan surga dan neraka dengan jelas semasa hidup. Nabi Muhammad SAW 2x melihat surga dan neraka yakni perjalanan isra' miraj' ini dan setelah sholat gerhana.


Awalnya, Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad SAW dan umatnya untuk mengerjakan sholat 50X dalam satu hari satu malam. Ketika Nabi Muhammad SAW dalam perjalan turun ke bumi, Nabi Muhammad SAW berpapasan dengan Nabi Musa as.


Nabi Musa as menyarankan agar Nabi Muhammad SAW untuk kembali menghadap Allah SWT untuk meringankan sholat 50X. Setelah beberapa kali Nabi Muhammad SAW, akhirnya Allah SWT menetapkan sholat 5 waktu dalam sehari semalam untuk umat Nabi Muhammad SAW. Meskipun 5 waktu, nilai pahalanya membandingi 50 waktu.

Baca juga : 15 UCAPAN ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW UNTUK KERABAT DAN ORANG TERSAYANG

Semoga hikmah Isra' dan Miraj' ini, Allah SWT senantiasa menggolongkan kita sebagai hamba-hamba yang ahli sholat. Aamiin Ya Rabbal Alamin. "https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/"

Post a Comment for "Hikmah Isra' Miraj'"