CARA MENINGKATKAN KREATIFITAS TERHADAP ANAK

Cara Meningkatkan Kreatifitas Anak - Dunia anak tidak sama dengan dunia orang dewasa yang siap dengan tekanan, anak memiliki cara tersendiri dalam menemukan metode belajarnya. Melalui parenting yang tepat, orang tua akan mampu mengimbangi cara anak menemukan hobi dan kreatifitasnya.


Kreatifitas anak akan tubuh dari bagaimana cara orang tua mengenalkan beragam aktifitas, sehingga anak dapat menentukan hobi yang benar-benar disukainya. Ketika kegiatan yang diperkenalkan menjadi kesukaan anak, disitulah peran penting orangtua untuk memotivasi dengan mengarahkan kegiatan yang digemarinya menjadi sesuatu yang dapat meningkatkan kreatifitas anak.


Mengetahui kegiatan yang digemari anak, merupakan langkah yang dapat digunakan sebagai salah satu cara orangtua dalam membantu perkembangan anak dalam peningkatan kreatifitasnya. Untuk mendorong serta membangun kreatifitas anak, anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini.




1. KENALKAN PERMAINAN ANAK

Mengenalkan permainan merupakan langkah awal orang tua dalam mendidik anak agar anak mulai mengembangkan pengetahuan serta menentukan beragam kesenangan. Permainan anak yang seharusnya dikenalkan kepada anak adalah permainan yang dapat membantu anak dalam perkembangan psikologis bukan hanya secara pertumbuhan fisik saja.


Di zaman yang serba modern ini, permainan anak banyak termodifikasi oleh permainan digital. Ada baiknya kurangi pengenalan terhadap permainan tersebut, dan perbanyak mengenalkan permainan tradisional anak, seperti permainan Tapak gunung/engklek, Lompat tali, Petak umpet, Galasin, Congklak dan sebagainya.


Melalui permainan tradisional ini selain dari segi kesehatan anak akan meningkat, akan tetapi juga dapat meningkatkan perkembangan jiwa sosial anak. Permainan tradisional anak sebenarnya kaya akan tuntutan kreatifitas anak, dengan pembelajaran tentang strategi, sosial dan leadership melalui permainan tradisional akan menumbuhkan kemampuan berfikir anak dan anak akan menjadi lebih kreatif.


2. IKUTKAN ANAK DALAM KEGIATAN EXTRA SEKOLAH

Selain pendidikan anak secara formil, sebaiknya mulailah mengajak dan mengarahkan anak untuk mengikuti kegiatan external sekolah. Kegiatan ini dapat berupa kegiatan Menari, Menggambar, Sepak bola dan lainnya.

Cara Meningkatkan Kreatifitas Anak
Melalui pengenalan tentang kegiatan non-sekolah, anak akan menemukan hobi yang ia sukai. Kegiatan yang disukai bisa anda lihat dari rasa senang anak dalam mengikuti satu kegiatan external sekolah. Ketika anda telah mengetahui kegemaran anak akan satu kegiatan, maka mulailah mendukung penuh agar anak mulai mendalami tentang aktivitas tersebut.


Melalui kegiatan yang disukai, kreatifitas anak akan tumbuh seiring dengan penyesuaian yang anak lakukan berdasarkan kegiatan yang didalaminya. Tanpa disadari, melalui cara ini peningkatan kemampuan anak akan satu bidang tertentu akan semakin terasah.


Kesalahan fatal yang sering terjadi: Dalam menjalani aktifitas extra sekolah, anak hanya mengikuti keinginan orang tua, karena orangtua yang menentukan kegiatan yang akan diikuti oleh anak tanpa mendalami kegiatan apa yang menjadi kesukaan anak.

3. FASILITASI ANAK MELALUI PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN

Kegemaran seorang anak tidak akan bertahan lama jika orangtua tidak mampu memfasilitasi maupun menyediakan peralatan atau pendukung yang dapat membantu anak dalam menjalankan hobinya.
Contoh peralatan yang dapat mendukung anak dalam meningkatkan kreatifitasnya melalui hobi yang dijalani, seperti ketika orang tua mengetahui si kecil suka dalam mencoret-coret dan menggambar, maka ada baiknya orang tua mengarahkan anak dan membimbingnya dengan menyediakan alat gambar selain dari perlengkapan sekolah.


Dengan memfasilitasi kegemaran anak seperti ini, kemampuan anak akan terasah dengan baik dan meningkat. Peningkatan inilah yang kemudian menjadi pondasi awal dalam meningkatkan kreatifitas terhadap anak.


4. LIHAT DAN BERI MASUKAN

Ketika anak melakukan kegiatan yang disukai, beri dia motivasi dengan melihat hasil yang dilakukan dan beri masukan jika memang ada sesuatu yang belum tercapai. Masukan yang diberikan harus mengunakan gaya komunikasi yang dapat difahami anak dan dapat membangun, jangan sekali-kali menjatuhkan hasil yang dilakukan anak dengan membandingkannya dengan anak/orang lain. Hal ini justru akan mematahkan semangat serta kreatifitas anak yang sedang tumbuh.


Kesimpulan: Dalam meningkatkan kreatifitas anak, peran kuncinya adalah faktor pengenalan serta dukungan yang kemudian menjadi arahan yang membangun, sehingga anak memiliki motivasi tinggi dalam melakukan kegemaran serta tanpa disadari oleh anak kegiatan ini akan membantu anak meningkatkan kemampuan dan kreatifitasnya.


Demikian tulisan tentang bagaimana Cara Meningkatkan Kretifitas Terhadap Anak, semoga dengan tulisan ini dapat membantu orang tua dalam menciptakan parenting positif terhadap anak serta menjadi refleksi bagi orang tua dalam membimbing serta mengarahkan anak dalam membangun karakter serta kreatifitasnya.
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang terdapat pada blogduniaanakindonesia.blogspot.com.

Post a Comment for "CARA MENINGKATKAN KREATIFITAS TERHADAP ANAK"