7 CARA UNTUK MENGAJARKAN ANAK-ANAK APA ARTINYA 17 AGUSTUS

Ide-ide ini akan membantu Anda berbicara dengan anak-anak tentang nilai-nilai Indonesia dan makna 17 Agustus.


Anak-anak cinta Hari Kemerdekaan atau kadang disebut Agustusan. Ada Perlombaan, Upacara, Logo, dan kembang api. Tetapi untuk anak-anak muda, mungkin ada juga pertanyaan tentang pentingnya 17 Agustus - sebagai permulaan, apa artinya "Hari Kemerdekaan"? Saat Anda menjawab pertanyaan mereka, Anda dapat memberi mereka beberapa alasan bagus untuk mencintai negara mereka, pada hari ke tujuh belas dan sepanjang tahun. Baca terus untuk tujuh poin pembicaraan nasionalisme maupun patriotik.




1. BICARAKAN DENGAN ANAK-ANAK TENTANG CITA-CITA INDONESIA

Hari Kemerdekaan di Indonesia dirayakan sebagai hari libur nasional setiap tahun jatuh pada tanggal 17 Agustus ketika orang-orang mengingat peristiwa panjang kemerdekaan Bangsa kita dari pemerintahan penjajah. Umumnya Anak Siswa memberikan ceramah tentang subyek pejuang kemerdekaan pada perayaan hari kemerdekaan di sekolah. Jadi sangat penting membicarakan tentang Tujuan dan Cita-cita Bangsa Indonesia berdasarkan Pembukaan UUD 1945. Dimana Tujuan utamanya adalah disebutkan "Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur."

Dalam Pembukaan Undang-undang dasar 1945 ini tercantum cita-cita, dan Tujuan Bangsa Indonesia yaitu :
  • Cita-cita Bangsa Indonesia : Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang 1. Merdeka, 2. Bersatu, 3. berdaulat, 4. adil dan 5. makmur.
  • Tujuan Bangsa Indonesia :1. Membentuk suatu pemerintahan Negara Republik Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.2. Memajukan kesejahteraan umum / bersama 3. Mencerdaskan kehidupan bangsa 4. Ikut berperan aktif dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi dan kedilan sosial.



Itulah tujuan dan cita-cita Bangsa Indonesia artinya Setiap pemimpin bangsa juga warga negara Indonesia menginginkan amanat cita-cita dan tujuan itu dicapai. Bukan hanya Ada Perlombaan, Upacara, Logo, dan kembang api namun tema yang diangkat memaknai kemerdekaan dengan beberapa alasan bagus untuk mencintai negara mereka.

Baca:



2. APA ITU HARI KEMERDEKAAN?

Tujuh Belas Agustus adalah hari ulang tahun (HUT) RI negara kita tercinta. Ketika Anak cucu bertanya mengapa, beri tahu mereka apa yang terjadi pada 17 Juli 1945. Itu adalah hari pendiri negara kita menyatakan kemerdekaan dari penjajah. Ini berarti mereka tidak akan lagi mau dijajah. Melakukan ini sangat berbahaya. Pada saat itu, Penjajah memiliki salah banyak tentara terkuat di dunia, dan untuk melawan penjajah adalah kejahatan yang dapat dihukum mati. Tetapi hukum penjajahan itu tidak adil, jadi pendiri kita memutuskan bahwa sepadan dengan risiko perang untuk memenangkan kebebasan memerintah sendiri. Pada 1945, Republik Indonesia yang baru memproklamasikan kemerdekaan, yang sekarang kita sebut Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca: Cara Kreatif Merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustusan di Sekolah

7 CARA UNTUK MENGAJARKAN ANAK-ANAK APA ARTINYA 17 AGUSTUS

3. MENGAPA BENDERA ITU MERAH PUTIH SEPERTI ITU?

Pada tahun ini, bendera Indonesia mudah dikenali. Tunjukkan satu kepada anak-cucu Anda. Jelaskan bahwa setiap bagian dari bendera adalah memaknai dari filosofi sesuatu. Bendera Indonesia memiliki makna filosofis dimana Merah berarti keberanian, sedangkan putih berarti kesucian, dalam menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Beri tahu anak-anak bahwa bendera adalah simbol - cara untuk menunjukkan kepada dunia apa yang kita perjuangkan. Itu juga menunjukkan bahwa kita terhubung satu sama lain - bahwa kita berada di tim yang sama. Dan karena bendera itu istimewa, kami memperlakukannya dengan hormat.


4. APA YANG MEMBUAT NEGARA KITA ISTIMEWA?

Beri tahu anak cucu bahwa satu hal yang membuat negara kita istimewa adalah menjamin hak atau kebebasan tertentu bagi kita bukan ada Perlombaan, Upacara, Logo, tema dan kembang api. Jelaskan bagaimana Anda menggunakan hak-hak ini setiap hari ketika Anda berdoa (atau memutuskan untuk tidak), membaca koran, atau bertemu dan berbicara dengan teman-teman. Beri tahu anak-anak bahwa Anda dapat melakukan hal-hal ini karena negara kita menjamin kita kebebasan untuk mempraktikkan agama seperti yang kita inginkan, katakan atau tulis apa yang kita inginkan, dan pergi ke mana pun kita mau. Perlihatkan kepada anakcucu yang lebih tua bagaimana hak-hak ini dijabarkan dalam Undang-undang dasar 1945 dan isi pasal-pasalnya. Tanyakan kepada anak-anak hak-hak apa yang paling penting bagi mereka.

5. APA YANG DILAKUKAN PEMERINTAH UNTUK KITA?

Ajak anak-anak Anda berkeliling kota untuk menunjukkan kepada mereka peran yang dimainkan pemerintah dalam kehidupan mereka. Bicara tentang berapa banyak hal yang mereka lihat mewakili nilai-nilai orang-orang di komunitas mereka. Jelaskan bahwa orang dewasa membayar pajak kepada pemerintah daerah dan nasional mereka sehingga, antara lain, pemerintah dapat membangun dan memelihara fasilitas yang mencerminkan nilai-nilai kita. Pendidikan penting bagi kita, misalnya, jadi kita membangun sekolah. Keselamatan adalah prioritas bagi kita, jadi kita memasang lampu lalu lintas. Dan kita ingin tempat terbuka di mana kita bisa berkumpul, jadi kita menyisihkan ruang untuk taman. Anak-anak juga dapat melihat orang-orang yang membantu masyarakat, termasuk petugas polisi, petugas pemadam kebakaran, penjaga perbatasan, pustakawan, pekerja pos, dan kru sanitasi.

Baca: HUT KEMERDEKAAN, SAAT TEPAT MENANAMKAN NILAI NASIONALISME KEPADA ANAK



6. APA YANG DILAKUKAN PRESIDEN?

Mintalah anak-cucu Anda membayangkan bahwa mereka telah terpilih sebagai presiden Indonesia, Pastikan mereka memahami bahwa menjadi presiden sangat berbeda dengan menjadi raja atau ratu. Apa yang akan mereka lakukan? Berikan es krim gratis untuk semua anak? Jadikan dunia tempat yang damai? Bicara tentang apa yang telah dilakukan beberapa presiden kita di masa-masa sulit; misalnya, Soekarno membantu memimpin perang untuk menjaga negara itu bersama, ketika beberapa negara ingin negara itu terbelah. Jika anak cucu ingin mengetahui lebih banyak tentang presiden kita, bacakan sebuah buku dengan mereka.


7. APA YANG BISA KITA LAKUKAN UNTUK NEGARA KITA?

Beri tahu cucu bahwa negara kita seperti keluarga: Semua orang harus ikut atau tidak hanya bekerja. Sebagai anggota "keluarga" Republik Indonesi dengan kata lain, sebagai warga negara kita semua memiliki tanggung jawab tertentu, seperti pergi ke sekolah, memberikan suara, dan mematuhi hukum. Diskusikan bagaimana menjadi warga negara yang baik juga berarti merawat negara, dengan menjaganya tetap bersih, jangan menciptakan yang bermasalah, dan tetap terinformasi tentang masalah yang kita sebagai warga-warga hadapi. Tentu saja, tindakan selalu lebih berdampak daripada kata-kata maupun ucapan, jadi berikan contoh dengan mendedikasikan sebagian waktu Anda untuk menjadi sukarelawan di komunitas. Temukan proyek yang penting bagi Anda dan anak-anak, seperti membantu di sekolah atau membersihkan taman bermain.


8. APA ARTINYA MENJADI WARGA INDONESIA?

Di negara-negara seperti Cina atau Irlandia, sebagian besar penduduk memiliki budaya atau etnis yang sama. Tetapi Republik Indonesia berbeda. Di sini, apa yang dibagikan orang adalah gagasan umum ialah bahwa orang harus memiliki kebebasan untuk hidup seperti yang mereka inginkan, dan untuk bekerja dan mendapatkan uang dengan cara terbaik yang mereka bisa. Kebebasan ini telah menginspirasi orang-orang dari seluruh dunia untuk datang ke negara ini dan menjadi "warga Indonesia." Ini adalah gagasan mendalam yang mungkin tidak pernah dipertimbangkan oleh banyak anak dan mungkin membuat mereka merasa bangga dengan negara mereka, serta lebih terhubung dengan warga Indonesia lain dari latar belakang yang berbeda. Ini juga dapat menyebabkan diskusi tentang perjalanan keluarga Anda sendiri ke Republik Indonesia. Kenapa kerabatmu datang? Kenapa mereka tinggal? Kisah setiap keluarga adalah bagian dari kisah negara. Pastikan anak dan cucu Anda tahu milik Anda.

Post a Comment for "7 CARA UNTUK MENGAJARKAN ANAK-ANAK APA ARTINYA 17 AGUSTUS"